SOSIALISASI KADER TRIBINA (BKB,BKR,BKL)

  • May 17, 2024
  • Uniati, S.Pd

Pada hari ini tanggal 17 mei 2024 Dinas  Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Konawe Utara Mengadakan Sosialisasi KADER TRIBINA ( BKB,BKR,BKL) Dikecamatan Andowia Yang dihadiri oleh kader Lansia,kader remaja,kader bayi dan balita,serta kader Stunting yang ada disetiap Desa diwilayah kecamatan Andowia.

Dalam kegiatan ini dijelaskan bahwa pembangunan kependudukan dan keluarga berencana  bertujuan untuk mewujudkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.Kethanan dan kesejahteraan keluarga adalah kondisi keluarga yang memiliki keuletan dan ketangguhan serta mengandung  kemampuan fisik materil guna hidup mandiri,mengembangkan diri dan keu\luarganya untuk hidup harmonis dalam meningkatkan kesejahteraan kebahagiaan lahir dan bathin.

Bina keluarga Balita(BKB) merupakan suatu program dalam rangka pembinaan keluarga untuk mewujudkan tumbuh kembang balita secara optimal. Bina keluarga Remaja(BKR)dilakukan melalui program generasi berencana (Genre).Program ini dilaksanakan melalui dua pendekatan yakni pendekatan melalui remajanya langsung melalui pusat informasi dan konseling remaja dan pendekatan kedua adalah melalui pendekatan keluarga yang memiliki remaja (BKR).

Kelompok kegiatan yang dilakukan untukmeningkatkan pengetahuandan keterampilan keluargayang memiliki lanjut usia dalam pengasuhan,perawatan dan pemberdayaan lansia agar dapat meningkatkan kesejahteraannya.Tujuan Bina Keluarga Lanjut Usia (BKL) adalah untuk meningkatkan kesejahteraan lansia.